RSS

Kamis, 09 Desember 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI 10

World Wide Web Unleashed
Saat ini teknologi sudah semakin canggih. Teknologi sudah banyak digunakan untuk hal apapun dan oleh siapapun. Salah satu teknologi yang sudah banyak digunakan perusahaan-perusahaan adalah web. Web digunakan perusahaan-perusahaan untuk memudahkan perusahaan itu sendiri dalam menjalankan pekerjaan. Perusahaan yang menggunakan web adalah perusahaan yang berisi dan memuat informasi-informasi seputar berita seperti (www.detik.com), perusahaan media cetak (www.kompas.com), perusahaan tempat-tempat wisata (www.waturembang.com).
Pengembangan web sebagai alat commerce banyak tercetus pada bulan desember. Hal tersebut dikarenakan pada bulan desember berkaitan dengan dua hal, yaitu sebagai bulan akhir untuk mengevaluasi kemajuan dan kekurangan perusahaan atau merekap semua hasil pekerjaan-pekerjaan yang sudah dilakukan dan sebagai bulan sebelum menyambut tahun baru supaya bias dilakukan planning untuk kegiatan yang akan dilakukan ditahun yang baru serta memperbaiki kekurangan ditahun sebelumnya. Oleh karena itu commerce sangat diperlukan dan tambah diminati karena kepraktisannya.
Melakukan komunikasi tidak hanya dilakukan melalui khalayak atau orang lain saja. Sekarang ini kita bisa melakukan komunikasi lewat web. Komunikasi yang dilakukan lewat web hanya bersifat maya dan tidak dilakukan secara langsung. Kita hanya bisa berkomunikasi dengan web sebagai tempat curhat, sebagai catatan pribadi, melakukan pekerjaan, dll. Selain itu ada yang membedakan fungsi komunikasi dalam pelayanan web. Yang membedakan adalah pelayanan yang ditawarkan dalam web tersebut. Pelayanan yang diberikan bisa membuat pengguna merasa nyaman dan praktis serta efisien.
Komputer Umur Keuntungan Menghargai Ekonom
Produktivitas yang meningkat dari sisi komunikasi akibat digunakannya teknologi komunikasi adalah dalam hal penyebaran informasi. Karena dengan adanya teknologi komunikasi masyarakat dapat mengetahui dan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya yang masyarakat mau dan inginkan. Pada dasarnya masyarakat sangat membutuhkan informasi atau berita terbaru untuk pengetahuan mereka
Informasi tunggal atau teknologi komunikasi yang mempunyai dampak terbesar pada peningkatan produktivitas adalah email. Karena dengan menggunakan email kita bisa melakukan pekerjaan dengan mudah dan cepat, selain itu kita bisa mengirimkan surat, data atau dokumen penting apapun tanpa harus menunggu lama dan merepotkan. Dengan adanya email kita bisa melakukan pekerjaan tanpa membuang-buang waktu, meghemat tenaga serta biaya.
The Delusion Komputer
Saya sangat tidak setuju jika musik, seni, dan kelas pendidikan jasmani harus dipotong bila diperlukan untuk dana ruang kelas komputer dan koordinator teknologi. Mengapa tidak setuju karena music, seni, dan kelas pendidikan jasmani sangat dibutuhkan untuk generasi selanjutnya atau generasi muda. Jika generasi selanjutnya tiak dikenalkan dengan ketiga hal tersebut maka generasi kita nantinya akan menjadi apa????????? Sedangkan dari tahun ketahun kemajuan da perubahan itu pastilah ada. Kita tidak boleh hanya mengenal teknologi saja tetapi harus mengenal hal-hal lainnya untuk menambah ilmu serta pengetahuan untuk bekal masa depan. Dengan adanya perubahan maka hidup tidak akan monoton dan bisa bervariasi.
Teknologi komputer saat ini sudah tidak asing lagi untuk masyarakat. Banyak yang menggunakan teknologi komputer setiap harinya untuk membantu mereka dalam melakukan pekerjaannya. Seperti para politisi yang menggunakan teknologi komputer sebagai kemudahan dalam melakukan aktivitas dan kegiatan sehari-hari mereka dalam hal sebagai media kampanye atau promosi, menghitung prediksi survey, mencari data, dan lain sebagainya. Sedangkan administrator sekolah menggnakan teknologi komputer untuk memudahkan dalam membantu pekerjaan harian, menyimpat data harian, dan lain sebagainya.
Ada perbedaan dalam belajar dengan menulis dikelas dengan belajar dikomputer. Belajar dengan menulis dapat melatih system kerja otak si anak dan memberi keseimbangan stimulus otak si anak. Selain itu juga dapat melatih kesabaran dan keteletian si anak dalam melakukan pekerjaan. Sedangkan belajar dengan computer dapat membuat si anak menjadi malas karena terbiasa oleh hal-hal yang serba praktis dan instan. Selain itu juga dapat memberi dampak buruk terhadap perkembangan si anak dengan adanya teknologi yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini.
Tampilan dystopian Teknologi Informasi Eksplorasi lebih lanjut ke dalam Budaya Computing
Saya tidak setuju dengan Stoll dengan paham kepercayaan teknokratis bahwa komputer dan jaringan informasi akan membuat masyarakat yang lebih baik. Hal tersebut tergantung dengan manusia itu sendiri. Tidak semuanya seperti itu dan kembali lagi kepada penggunaan manusia itu sendiri. Jika kita menggunakan internet dengan seperlunya dan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan maka akan mendapat hasil yang sesuai, baik, dan berguna. Jika internet yang kita gunakan dipakai secara berlebihan dan disalahgunakan maka kita akan mendapatkan hasil yang tidak baik dan tidak berguna.
Komputer memang digunakan dan dipakai manusia sebagai alat bantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan yang akan dilakukan supaya menjadi lebih mudah dan cepat. Tetapi banyak manusia yang menyalahgunakan komputer. Mereka menggangap komputer selain sebagai media pembantu mereka juga sebagai pengontrol manusia. Seharusnya manusia yang mengendalikan komputer bukan manusia yang dikontrol oleh komputer.
Saya tidak setuju dengan stoll yang mengatakan bahwa jaringan komputer mengisolasi kita satu sama lain, bukannya menyatukan kita bersama. Walaupun kita bisa melakukan apa saja dan semuanya serta berkomunikasi dengan menggunakan jaringan komputer, bukan berarti kita harus terisolasi. Karena kalaupun kita bisa beremail dengan saudara, teman, sahabat bahkan siapun pun tetap saja berkomunikasi tanpa bertemu pastinya akan membuat kita menjadi lebih kangen dengan orang tersebut. Apalagi kalau kita sudah lama tidak bertemu dengan orang tersebut. Oleh karena itu tidak semua rasa yang kita rasakan dapat dilepaskan melalui jaringan komputer.
Peneliti Temukan Kesedihan dan Kesepian Dunia di Cyberspace
Tidak semua rasa kepercayaan dan kebahagiaan seseorang dituangkan lewat media internet. Apalagi jika hubungan tersebut adalah hubungan jarak jauh. Hal tersebut dikarenakan media internet tidak dapat mempertemukan kedua belah pihak secara langsung. Sehingga kita tidak bisa mengetahui apakah lawan bicara kita sedang senang, sedih, berbicara jujur bahkan berbohong.
Jika pengguna internet tidak mau lepas dari internet sebaiknya cepat-cepat intropeksi diri dan sadar karena hal tersebut sangat tidak baik dan dapat merusak tingkat normal manusia dan kesejahteraan manusia. Dengan ketergantungan internet seseorang akan menjadi kehilangan kesenangannya, terjadi kesenjangan sosial, jauh dari Tuhan, pekerjaan, hubungan keluarga, teman, dan lain-lain karena tidak pernah berkomunikasi dan berinteraksi kepada orang lain atau khlayak. Orang tersebut hanya terpaku pada internet saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar