RSS

Sabtu, 27 November 2010

SERBA SERBI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Radio merupakan saluran informasi yang sangat akrab dan di kenal oleh semua lapisan masyarakat. Semua orang tidak ada yang tidak mengetahui alat komunikasi ini. Mulai dari anak muda, dewasa bahkan sampai orang tua pun menggunakan alat komunikasi ini. Radio mempunyai peran yang sangat penting dalam penyampaian informasi, seperti penyampaian berita, penyampaian iklan, dan lain sebagainya. Saat ini teknologi sudah semakin canggih. Dengan munculnya internet dan word wide web menambah salah satu kecanggihan teknologi saat ini. Salah satunya adalah mendengarkan radio lewat internet dengan streaming audio. Dengan menggunakan internet, winamp bisa di download dengan gratis melalui website yang beralamat http://www.winamp.com/. Dengan begitu kita tidak perlu mendengarkan lagu-lagu lewat radio saja tetapi bisa mendengarkan di internet supaya masyarakat tidak bosan dan tidak jenuh lagi. Selain itu jika mendengarkan radio lewat internet suaranya tidak akan terputus-putus dan bisa lebih jelas. Berbeda dengan mendengarkan music lewat radio biasanya akan sering mengalami gangguan sinyal sehingga suaranya akan terputus-putus. http://habeahan.wordpress.com/2008/04/16/mendengarkan-siaran-radio-internet-dengan-winamp/
Dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini, penyampaian iklan tidak hanya disampaikan atau lakukan lewat televisi saja tetapi bisa dilakukan lewat radio. Penyampaian iklan lewat radio lebih digemari dan menjadi tren tersendiri bagi produk yang ingin lebih akrab di kenal oleh masyarakat. Tetapi ada kekurangan atau masalah jika penyampaian iklan komersil disampaikan lewat radio. Salah satunya adalah penyampaian iklan lewat radio tidak bisa efektif karena masyarakat tidak bisa melihat jelas produk iklan tersebut. Radio hanya bisa didengarkan sehingga masyarakat yang mendengarkannya hanya bisa menghayal produk yang disampaikan. Selain itu pesan yang akan disampaikan tidak bisa diterima langsung oleh khalayak. Berbeda sekali jika penyampaian suatu iklan disampaikan lewat televisi. Masyarakat akan bisa melihat jelas gambar produk yang akan ditawarkan sehingga masyarakat mempunyai gambaran tersendiri tentang produk yang disampaikan dan pastinya tidak akan ragu jika sudah melihatnya.
Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin lama semakin meningkat, saya sangat setuju dengan Being John Malkovich dan produser REM Michael Stipe bahwa dimasa yang akan datang manusia akan mencari sesuatu yang lain dari pada yamg lainnya. Karena pada dasarnya manusia hidup tidak pernah puas dan selalu ingin mencari sesuatu yang baru sehingga pastinya manusia akan mencari hal-hal terbarunya. Dan narasi film Hollywood belum tentu dalam kondisi sekarat. Semuanya tergantung kepada individu masing-masing. Belum tentu narasi film Hollywood sekarat tetapi malah akan semakin maju.
Dalam menggunakan teknologi seperti internet, ada keuntungan tersendiri dalam menggunakan jaringan kabel. Keuntungannya adalah :

Mobilitas,
Kemudahan instalasi di sulit-untuk-daerah kawat,
Mengurangi waktu instalasi,
Meningkatkan keandalan,
Jangka panjang penghematan biaya.
Walaupun sudah menggunakan jaringan kabel tetapi sebagian masyarakat masih saja ada yang menginginkan jaringan telepon tradisonal tetap digunakan. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan jaringan telepon tradisonal bisa memudahkan kita untuk mengakses dan menggunakan internet. Dengan menyambungkan kabel telepon ke jaringan untuk internet maka kita bisa menggunakan internet dengan mudah dan selain itu dapat menghemat biaya serta lebih efisien.
Dalam mengakses internet tidak semua situs yang kita kunjungi gratis. Sebagian ada yang dikenakan biaya dan sebagian ada yang tidak dikenakan biaya. Hal tersebut dikarenakan layanan internet dalam broadband sebagai satu paket dalam tagihan tunggal. Pengaturan tersebut belum tentu diinginkan oleh semua masyarakat yang menggunakannya. Semuanya tergantung dan kembali lagi kepada individu masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar